Home » , , » Gunung Dempo : Wisata Pendakian Yang Menantang

Gunung Dempo : Wisata Pendakian Yang Menantang

Written By Gudang Musik Shop on Selasa, 08 April 2014 | 22.47


Gunung Dempo

Berdiri 3195 meter di atas permukaan laut, Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Bersama dengan Gunung Marapi di pulau Sumatera, Gunung Dempo adalah puncak tertinggi di pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera. Setelah menyeruput secangkir teh manis hangat di pagi hari, mendengarkan kicauan burung di pohon-pohon dan menyaksikan matahari perlahan terbit di cakrawala, adalah pagi dan awal yang sempurna untuk mendaki ke puncak Gunung Dempo.
Terletak diperbatasan antara propinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera, Gunung Dempo terletak di Kabupaten Pagar Alam. Seperti namanya Pagar Alam yang berarti pagar alam, nyatanya seluruhnya tempat ini dikelilingi perbukitan dan pegunungan. Butuh sekitar 7 jam mengemudi untuk mencapai Pagar Alam dari Palembang dan 15 kilometer dari pusat kota Pagar Alam ke Gunung Dempo. Perjalanan menuju gunung ini tidak akan membosankan, karena Anda akan dimanjakan dengan pemandangan tebing dan lembah yang fantastis dalam nuansa udara yang sejuk. Sebuah perkebunan teh luas akan menyapa Anda ketika Gunung Dempo tepat di depan mata.
Setelah logistik Anda dimuat, tenda dan kantong tidur siap, hal berikutnya yang Anda lakukan adalah menempuh jalan menantang. Dengan ransel yang berat akan mengantar langkah pertama Anda melalui perkebunan teh yang luas. Berjalanlah terus ke depan tanaman teh yang hijau akan digantikan oleh semak-semak liar dan jalan mulai mendaki. Di antara para pendaki gunung, Gunung Dempo dikenal memiliki jalur menantang dengan lereng berliku-liku telah membuat Gunung Dempo menjadi favorit di antara para pendaki. Menegak segarnya air gunung, mendengar kicau burung dan suara hewan lainnya. Berhentilah sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan punggung Anda sambil menikmati suasanya alam dan udara yang segar merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Tidak ada yang bisa menandingi sensasi nikmatnya keberhasilan mencapai puncak gunung. Pendakian yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indahnya ditemani luasnya cakrawala di kejauhan. Pengalaman ini merupakan pengalaman yang tidak bisa dibayar dengan sejumlah uang. Anda akan menyaksikan kawah Gunung Dempo yang masih mengepul dan masih aktif. Suasana pemadangan yang Anda abadikan di kamera Anda merupakan piala atas keberhasilan Anda mencapai puncak.

Selain pemadangan gunung yang menantang ini, sisa-sisa budaya prasejarah juga dapat ditemukan di daerah tersebut. Ukiran batu dalam bentuk manusia, hewan dan lainnya tersebar di sepanjang lereng Gunung Dempo. Di dalam Pagar Alam juga terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai barang lokal seperti teh, kopi, buah-buahan, dan lainnya yang layak untuk Anda kunjungi.

Transportasi
Gunung Dempo terletak di distrik Pagar Alam, 310 km Barat Palembang. Untuk sampai ke situs ini, Anda dapat menggunakan mobil sewaan atau bus, dan perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 7 jam. Titik awal untuk hiking adalah di pabrik pengolahan teh PTPN III. Anda dapat meminta penduduk lokal di sekitar untuk membawa Anda ke desa terdekat di kaki Gunung Dempo, yang disebut Kampung Empat.

Wisata Kuliner
Ada berbagai restoran dan warung makanan yang dapat Anda temukan di sekitar Pagar Alam. Salah satu hidangan khas adalah Ikan sema masak bambu. Tidak menggunakan panci atau wajan penggorengan. Ikan ini ditempatkan di dalam bambu dan kemudian panggang di atas nyala api.
Berikut ini adalah daftar dari beberapa restoran yang dapat Anda coba di Gunung Dempo dan sekitar kawasan Pagar Alam:
Darma Karya Restaurant
Jl. Kap. Sanap No. 22 Pagaralam
Telp. : 0730-621297

Mirasa Restaurant
Jl. Kap. Sanap No. 62 Pagaralam
Telp. : 0730-62166

Dua Putra Restaurant
Jl. Kap. Sanap No. 62 Kel. Beringin Jaya Pagaralam
Telp. : 0730-621232

Sederhana Restaurant
Jl. Kombes H.Umar Pagaralam Selatan
Telp. : 0730-624222

Jaya Abadi Restaurant
Jl. Peltu Manalis Kuningan

Tips
Bagi Anda yang berencana untuk mendaki ke puncak Gunung Dempo, harap patuhi etika petualang alam di bawah ini:
Tidak boleh mengambil apapun kecuali mengambil foto
Tidak boleh membunuh apapun kecuali membunuh waktu
Tidak boleh meninggalkan apapun kecuali meninggalkan jejak

Akomodasi
Ada beberapa akomodasi yang tersedia di sekitar Gunung Dempo dan di sekitar Pagar Alam. Dari hotel, penginapan sederhana dan villa dengan harga yang wajar. Berikut adalah beberapa referensi akomodasi untuk Anda.
Dharma Karya Hotel
Jl. Kapt. Sanap Pagar Alam
Telp. : 0730-621247
Villa Basemah Gunung Gare
Gunung Gare - Pagar Alam
Telp. : 08127342851

Hotel Mirasa
Jl. Mayor Rusland, Pagar Alam
Telp. : 0730-621484

Hotel Telaga Jl. Serma Wanar, Pagar Alam Telp. : 0730-6211081
Bukit Shofa Hotel
Jl. Mesjid Jamik 43, Pagar Alam
Telp. : 0730-421-062
Sabrina Hotel
Jl. Diponegoro 73
Telp. : 0730-422-424

Berbelanja
jelas adalah teh, bukan teh biasa, tetapi teh hitam khusus. Baunya unik dan teh hitam Gunung Dempo memiliki cita rasa kenikmatan tersendiri. Ada beberapa toko yang menjual teh ini dipaketkan dengan harga Rp6.000,00 sampai Rp8.500,00 per kotak. Teh hitam Gunung Dempo telah menjadi salah satu favorit sejak zaman Kolonial Belanda.

Selain perkebunan teh juga terdapat banyak perkebunan kopi. Kopi dari Pagar Alam telah terkenal dikalangan penggemar kopi. Kopi Pagar Alam yang unik diolah dengan musang liar menciptakan rasa yang unik, kopi ini dikenal dengan Kopi Luwak dan dianggap menjadi yang terbaik. Anda dapat membawa pulang kopi ini dengan harga sekitar Rp400.000,00 per kilogram. Juga terdapat barang menarik dan unik lainnya yang dapat Anda beli, cobalah untuk menjelajah ke toko-toko lokal, pasar dan melihat barang menarik apa yang bisa Anda dapatkan dari sana.

Kegiatan
Hiking dan trekking jelas adalah kegiatan utama yang Anda bisa lakukan di Gunung Dempo. Puncak tinggi Gunung Dempo menawarkan trek menantang, jalur berbatu, lereng miring, dan berbagai rintangan lainnya. Dengan kata lain, sebuah petualangan yang hampir sempurna. Ada 2 pos di sepanjang jalur menuju puncak, sementara beberapa tempat memerlukan sedikit keterampilan mendaki.

Pemandangan menyenangkan dari perkebunan teh juga merupakan daya tarik yang Anda tidak ingin lewatkan. Berbaur dengan penduduk setempat dan mencoba sensasi memetik daun teh segar.

Di sekitar Pagar Alam juga terdapat situs pra-sejarah Tangga Batu. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai pahatan batu berbentuk kepala manusia, hewan dan sejenisnya. Sisa-sisa kuno era Megalitikum ini masih tersebar di seluruh daerah.

Air terjun Lematang Indah terletak tidak jauh dari Gunung Dempo dan bisa menjadi tempat alternatif untuk Anda kunjungi. Di sini, Anda dapat memanjakan mata Anda dengan keindahan tak berujung dari air terjun dan sungai yang mengalir di bawah. Sungai ini juga menyediakan arus menantang untuk arung jeram, sebuah kegiatan tambahan yang sempurna setelah menaklukkan puncak Gunung Dempo.
Share this article :

Tiket Anda



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TIKET ASIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger