Home » , , , » Sungai Musi Destinasi Menawan

Sungai Musi Destinasi Menawan

Written By Gudang Musik Shop on Selasa, 08 April 2014 | 23.24


Jembatan Ampera Dimalam hari

Jangan sampai Anda melewatkan waktu untuk melakukan tur di Sungai Musi. Sungai yang terkenal ini adalah sungai terpanjang diSumatra yang panjangnya mencapai 750 km.
Tur Sungai Musi adalah hal yang wajib dilakukan wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Palembang. Dahulu, penduduk asli Palembang tinggal di sepanjang sungai ini. Bahkan sebagian membangun rumahnya di sepanjang tepi sungai. Saat tur di Sungai Musi maka Anda akan menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Pulau Kemarau dan tempat ibadah klenteng. Masyarakat setempat mengandalkan sungai ini untuk transportasi sehingga Anda akan melihat banyak perahu motor membawa penumpang untuk menyebrang.
Peradaban-peradaban manusia di sepanjang zaman tak pernah terpisahkan dari aliran sungai sebagai sumber air untuk kehidupan. Beberapa kekuasaan termahsur di dunia dibina di tepian sungai besar. Tak sepanjang Sungai Nil di Mesir dan sejarah panjang peradabannya, Sungai Musi pun merupakan salah satu pusat peradaban yang ditandai dengan adanya kerajaan Sriwijaya yang dipimpin raja-rajanya berdasarkan hikayat China dan guratan-guratan berita di prasasti.
Begitu rumitnya pembuktian perjalanan sejarah di Sriwijaya, Sungai Musi tetap memperlihatkan kesederhanaannya dari masa ke masa, yaitu airnya yang selalu mengalir dari anak-anak sungai besar yang terhitung 9, mulai dari Jambi dan Bengkulu. Tak heran nama sungai-sungai ini dibesarkan sebagai Batang Hari Sembilan, yakni 9 sungai besar, yaitu Musi itu sendiri, Sungai Komering, Rawas, Leko, Lakitan, Kelingi, Lematang, Semangus, dan Ogan.
Dikenal sebagai sungai yang dilintasi Jembatan Ampera yang legendaris di Palembang, pada kenyataannya, Sungai Musi menyandang predikat sungai terpanjang di Pulau Sumatera, yaitu sekitar 750 kilometer. Jarak tersebut hampir sama antara jarak Kota Bandung di Jawa Barat dengan Kota Malang di Jawa Timur. Berawal dari hulunya di Kepahiang, Bengkulu, Sungai Musi mengalir jauh melalui Sumatera Selatan dan membelah Palembang menjadi Seberang Ilir di sebelah utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai ini membentuk delta dan distributari di daerah Kota Sungsang.
Bagi Palembang, sungai ini adalah pantai yang memanjang, tempat berlabuhnya kegiatan perekonomian juga penenang ketegangan usai pekerjaan. Airnya yang bergelombang dapat mengembalikan kesegaran jiwa, dan ketegangan raga mengendur di depan keagungannya. Kegiatan rekreasi sudah biasa dipusatkan di tepiannya, mulai dari tempat duduk-duduk, hingga café-café dan restoran. Lebih menyenangkan lagi, ditepian sungai ini tersedia perahu jelajah yang menghadirkan pandangan orang lalu saat mengarungi Musi.


Jembatan Ampera
Kegiatan
Di sepanjang sungai Musi, ada beberapa tempat wisata seperti Pulau Kemarau dan kuburan Ratu Bagus Kuning. Anda dapat meminta supir perahu motor untuk membawa Anda ke sana dan mereka tentunya tahu tempat ini dengan baik. Tahun 2011 mendatang, Sumatra Selatan akan menjadi tuan rumah South East Asian Games XXVI atau biasa disebut Sea Games yang akan diselenggarakan tanggal 11-25 November 2011. Ini adalah ajang olahraga setiap dua tahunan dan melibatkan 11 negara di Asia Tenggara. Sea Games sendiri berada di bawah naungan Federasi Olahraga Asia Tenggara dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA).
Provinsi Sumatera Selatan tengah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggara SEA Games tahun 2011 dan mulai membangun sarana dan prasarana olahraga. Sarana yang disiapkan tersebut antara lain membangun lapangan golf bertaraf internasional, kolam renang, arena dayung, serta fasilitas olahraga lainnya.


Transportasi
Anda dapat mengunjungi Palembang dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin di Jalan Tanjung Api-Api, bahkan dapat diakses dari Cina, Singapura, Malaysia, Thailand. Untuk pergi ke Sungai Musi, Anda dapat menggunakan taksi atau mobil sewaan dari bandara. Jarak antara bandara dan pusat kota sekitar 6 km. Di pusat kota, ada 9 jenis angkutan umum diantaranya adalah bus kota dari berbagai tujuan yang dapat membawa Anda ke Ampera dengan harga ongkos hanya Rp1.500,00 sampai Rp5.000,00.


Kuliner
Anda tidak akan sulit mencari makanan khas Palembang di sini. Tidak jauh dari Masjid Agung Palembang, Anda dapat menikmati makanan khas Palembang, apa lagi kalau bukan pempek panggang dan kerupuk dengan harga Rp1.500,00 - Rp22.200,00/buah. Ada juga warung makanan yang menjual es belimbing. Satu-satunya warung yang menjual es belimbing di sini adalah Ujuk. Di Sungai MUsi, ada restoran terapung dimana Anda dapat mencicipi kuliner khas Palembang lainnya.

Akomodasi
Sejak Palembang terpilih menjadi tuan rumah PON XVI-2004, membuat Palembang berkembang dengan cepat dan terdapat banyak hotel di sekitar pusat kota. Anda dapat menemukan hotel berbintang atau hotel sederhana di sepanjang jalan Kapten A. Rivai, Sudirman, R Sukamto, Veteran, dan POM IX.

Tips
Cuaca di Palembang sehangat Jakarta, jadi disarankan memakai pakaian dari bahan katun. Jangan lupa juga membawa topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Berbelanja
Anda dapat menemukan souvenir di sekitar Sungai Musi. Berjalan1-2 km dari Museum Sultan Mahmud Badaruddin II maka akan menemukan dua toko yang menjual berbagai macam makanan dan souvenir seperti buah-buahan dan songket. Toko-toko ini disebut Pasar 16 Ilir dan Pasar 35 Ilir. Sekitar 2 km dari sana, Anda dapat menemukan pusat songket, kemudian 50 m berikutnya Anda dapat menemukan pusat ukiran Lekeur.

Berkeliling
Untuk berkeliling Sungai Musi maka Anda harus menggunakan perahu motor yang dapat disewa di bawah jembatan Ampera, tepat di depan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II atau di depan Benteng Kuto Besak.
Ada beberapa jenis perahu motor seperti speed boat, ketek, dan kapal kecil. Harganya berkisar antara Rp20.000,00 - Rp100.000,00. Berikut ini beberapa perahu dengan paket perjalanan menjelajahi Sungai Musi.

KM Putri Kembang Dadar
Rute: Benteng Kuto Besak – Ki Marogan – Musi Dua – Pulau Kamaro – Sungai Lais – Bagus Kuning.
Tarif per orang: Rp 70.000,-

KM Sigentar Alam
Benteng Kuto Besak – Ki Marogan – Musi Dua – Pulau Kamaro – Lawang Kidul
Tarif per orang: Rp 50.000,-

Bis Air Belido, Perahu Naga, dan Sapta Pesona
Benteng Kuto Besak – Kampung Kapitan – Ki Marogan – Lawang Kidul – Pulau Kamaro – Bagus Kuning
Tarif per orang: Rp 30.000,-

Bis Air Baung 1, Baung 2, Baung 3, dan Baung 4
Benteng Kuto Besak – Kampung Kapiten – Ki Marogan – 10 Ulu – Pulau Kamaro
Tarif per orang: Rp 20.000,-

Ketek
Benteng Kuto Besak – Kampung Kapiten – Ki Marogan – 10 Ulu – Pulau Kamaro
Tarif per orang: Rp 15.000,-

Speedboat
Benteng Kuto Besak – Jaka Baring – Musi Dua – Sungai Lais
Tarif per orang: Rp 30.000,-

Bagi yang suka berpetualang disungai mungkin ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat, dan tertarik untuk berwisata ke sungai musi.
Share this article :

Tiket Anda



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TIKET ASIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger